Praktikum Kimia “Senyawa Hidrokarbon” dengan Molymod

Berikut ini praktikum kimia tentang senyawa hidrokarbon dengan alat molymod yang disediakan oleh sekolah.

Praktikum Kimia “Senyawa Hidrokarbon” dengan Molymod

Molymod adalah suatu alat peraga untuk menggambarkan bentuk suatu molekul. Molymod biasanya terbuat dari plastik berupa bulatan-bulatan yang dihubungkan oleh suatu batangan. Bulatan tersebut bertindak sebagai suatu atom sedangkan batangannya sebagai ikatan. Bulatan mempunyai warna-warna yang berbeda untuk membedakan mana yang bertindak sebagai atom pusat dan yang bertindak sebagai atom yang terikat pada atom pusat. Molymod tersebut dapat dibongkar pasang sesuai dengan bentuk molekul yang diinginkan.

Alat dan Bahan : Molymod 1 set

Cara Kerja :

1. Siapkan seperangkat model molekul (molymod)
2. Bukalah kotak molymod
3. Pilih bola-bola yang berwarna putih (untuk hidro) dan hitam (untuk karbon), karena kami akan membuat rangkaian molekul hidrokarbon
4. Baca dan gunakan buku petunjuk untuk membuat rangkaian molekul tersebut.

Kesimpulan

Berdasarkan percobaan yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa :
  1. Melalui model molekul (molymod) dapat mempermudah dalam memahami struktur tiga dimensi suatu molekul baik isomer maupun struktur dari molekul itu sendiri.
  2. Visualisasi atau penggambaran senyawa-senyawa organik dengan menggunakan molymod jauh lebih memudahkan kita untuk mengetahui posisi stabil yang dapat dibentuk oleh suatu senyawa.
  3. Reaksi-reaksi kimia dapat dipelajari dari molymod adalah pemutusan ikatan rangkap dan pembentukan kembali ikatan yang baru dengan sifat senyawa yang berbeda.

Comments

Komentar spam, kami hapus. Terima kasih.