Kecanduan Main Game? Ini Cara Mengatasinya

Bermain game memang seru. Lepas dari pusing dan ribetnya dunia nyata. Pikiran menjadi lapang dan lupa akan masalah. Waktu menjadi terisi dan hati menjadi senang. Hal ini bisa membuat kita menjadi suka bermain game, bahkan jadi kecanduan.

Di sisi lain, ada kerugian besar menanti. Diantaranya yaitu waktu luang menjadi hilang dan nikmat kesehatan yang diabaikan. Tidak banyak gamers yang sadar akan akibat itu.

Masalah seperti itu pernah admin rasakan, yaitu kecanduan main game. Keresahan itulah yang membuat admin membuat artikel ini untuk berbagi kepada kalian semua.

Bersyukurlah kamu sadar untuk mencari solusinya. InsyaaAllah kita bisa sama-sama hijrah biar tidak menjadi manusia yang merugi.

Kecanduan Main Game? Ini Cara Mengatasinya

Berikut ini adalah cara mengatasi kecanduan bermain game yang ampuh:

1. Niat yang kuat dalam hati

Perlu ada sebuah dorongan untuk melakukan perubahan dan itu pastinya datang dari niat. Ketika kamu sudah membuka artikel ini pun sudah terlihat niatmu.

Akan tetapi, apakah kamu sanggup untuk membuktikan untuk berhenti/membatasi ketagihan bermain game ?

Dibutuhkannya niat kuat disertai tekad untuk menjadi lebih baik.

Sekarang, bertekad dalam hatimu dan katakan pada dirimu “Aku ingin berubah menjadi lebih baik, tidak mau seperti ini terus. Bermain game terus adalah hal yang merugikan. Sekarang saatnya aku berusaha menggapai cita-cita yang ku impikan selama ini!”

*kalimatnya bisa diganti sesuai dirimu

Tunggu, tapi ada yang kurang. Bagaimana jika hari ini aku bertekad, tetapi besok-besok niatku malah berubah dan tetap kecanduan bermain game ?

Nah, kita membutuhkan dukungan lainnya agar tetap bisa. Yuk lanjut nomor 2.

2. Tinjau dari beberapa sisi

Ada beberapa sudut pandang yang mesti sobat pikirkan.

Coba, mulai dari sisi agama. Apa hukum kecanduan bermain game? apakah boleh atau tidak? berdosakah? pastinya sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Apalagi waktu sangat berharga.

Selanjutnya lihat dari sisi lain, yaitu orangtua, pekerjaan, sekolah, dan sebagainya. Apakah semua baik-baik saja ketika kamu bermain game ? Nah, kamu pasti tahu jawabannya.

Tambahan juga, kenali dampaknya juga ya agar kamu bisa mengambil manfaatnya. Beberapa dampaknya yaitu kesehatan terganggu, pekerjaan menjadi kacau, pola makan tidak teratur, hubungan sosial tidak akur, timbul penyesalan, dan sebagainya.

3. Hapus gamenya

Ini bagian yang harus kamu relakan. Sobat mesti mengambil langkah ini demi masa depanmu.

Hapuslah game tersebut! karena jika masih ada di pc/gadget mu suatu saat engkau malah tergoda untuk memainkannya lagi.

Kuatlah wahai kawan!

Yakinlah, tidak akan ada kerugian, melainkan kebaikan. Biarkan saja teman-temanmu akan berkata apa, yang penting dirimu.

4. Jangan lihat “Dia” lagi

Sobat yang suka nonton gameplay di youtube, baca-baca artikel di blog, atau follow sosmed gamenya. Udah deh jangan dilakuin lagi!

Tahu gak, kamu bisa terpicu dari situ.

Jangan buat kamu yang udah hapus gamenya, malah jadi pengen install dan main lagi.

5. Buat Jadwal Anti Gabut

Tahukah kamu? Berdasarkan riset admin, kebanyakan remaja memilih bermain game karena dia lagi gabut. Setan membisikkan kepada kita agar kita melakukan kelalaian di saat kita lagi bingung mau ngapain.

Buatlah jadwal setiap harinya, seperti belajar, membantu orangtua, beribadah, dan lainnya. Bahkan, bikin list kalau lagi gabut mau ngapain aja. Pokoknya, jangan sampai jadwal kita kosong.

6. Mulai dari Sekarang

Tips-tips di atas akan pecuma aja kalau nggak dilakuin dari sekarang. Kamu mau riset lanjutan atau konsultasi kemanapun tidak akan beguna.

So, Mulai aja dulu. Kuncinya ada di dirimu.

Kalau tidak kuat, lakukan caranya dengan bertahap tapi konsisten untuk berhenti.

Penutupnya biar afdhol, untuk kamu yang beragama islam, ingatlah hadist berikut

Jangan lupa berdoa biar kita tidak terjerumus terhadap sesuatu yang merugikan. Kalau kamu merasa peduli dengan teman-temanmu, bagikan ya ke mereka biar mereka juga tahu.

Jika sobat ingin berbagi cerita pengalaman keluar dari kecanduan main game, bisa berkomentar di bawah ini ya.

Comments

Komentar spam, kami hapus. Terima kasih.